Pesona Telaga Sarangan

Telaga Sarangan
Telaga Sarangan yang juga di kenal sebagai Telaga Pasir ini, adalah sebuah Telaga alami yang terletak di kaki Gunung Lawu, Kec. Plaosan, Kab. Magetan, Jawa Timur. Telaga yang luasnya 30 hektar dan kedalaman 28 meter ini mampu menarik ratusan ribu pengunjung setiap tahunnya.

Telaga Sarangan ini merupakan wisata andalan di Kota Magetan. Di sekeliling telaga terdapat hotel berbintang, hotel kelas melati, dan pondok wisata. Pengunjung pula dapat mengelilingi Telaga Sarangan dengan cara berkuda atau menaiki Kapal Boat yang hanya sedikit menguras dompet anda :D. Fasilitas objek wisata pula tersedia, seperti rumah makan, tempat bermain, pasar wisata, tempat parkir, sarana telepon umum, tempat ibadah.

Keberadaan rumah makan di sekitar telaga menjadikan para pengunjung memiliki banyak alternatif pilihan menu. Demikian pula keberadaan pedagang kaki lima yang menawarkan berbagai suvenir telah memberikan kemudahan kepada pengunjung untuk membeli oleh-oleh. Hidangan khas yang dijajankan di sekitar Telaga Sarangan ini adalah sate Kelinci. Waaw, Kelinci dijadikan sate? Mengenaskan tapi sangat lezat.

Magetan juga terdapat potensi industri kecil setempat yang mampu memproduksi kerajinan untuk suvenir, misalnya anyaman bambu, kerajinan kulit, kerajinan sepatu, dan produk makanan khas seperti emping melinjo dan lempeng (kerupuk puli, yaitu kerupuk dari nasi).

Telaga Sarangan juga memiliki layanan jasa sewa perahu dan becak air. Telaga Sarangan pula memiliki beberapa kalender event penting tahunan, yaitu labuh sesaji pada Jumat Pon bulan Ruwah, liburan sekolah di pertengahan tahun, Ledug Sura 1 Muharram, dan pesta kembang api di malam pergantian tahun.


Bagaimana? Menarik bukan tentang Telaga Sarangan ini? Ayo, ke Telaga Sarangan dan nikmati semua yang ada di Telaga Sarangan ini!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar